Header Ads

Header ADS

Beberapa Faktor penyebab haid tidak lancar

Beberapa Faktor penyebab haid tidak lancar

Beberapa Faktor penyebab haid tidak lancar

Salah satu faktor utama haid tidak lancar dipengaruhi oleh keterlambatan pelepasan telur (anovulasi) > baca:masa subur wanita. Keterlambatan ini termasuk ke dalam kategori normal jika terjadi sekali atau dua kali dalam setahun.
Dr Goel Madhu, Konsultan Kandungan dari Rockland Hospital, New Delhi ahli obat pelancar haid mengatakan, ada beberapa hal yang perlu diketahui seputar periode proses menstruasi yang tidak teratur, seperti dikutip pada laman Healthmeup,

berikut ini .com telah merangkup penyebab-penyebabnya:
1. Berat Badan Turun Secara Drastis
Kondisi berat badan yang turun secara drastis akibat gangguan pola makan serius, seperti pada anorexia dan bulimia bisa menjadi penyebab menstruasi datang tidak teratur.
Sedangkan penurunan berat badan akan menyebabkan gangguan haid. Gangguan ini dipengaruhi oleh kebutuhan lemak yang berkurang saat pembentukan hormon haid.

2. Stres Emosional
Stres emosional yang berlaru-larut akan menyebabkan perdarahan yang tida teratur.
Buang jauh-jauh pemikiran seputar deadline tugas kantor, persiapan ujian akhir semester, kehilangan pekerjaan, kehilangan orang terdekat, dsb.
Membuang aktivitas di atas bukan berarti tidak memikirkannya. Namun, kurangi apabila menimbulkan rasa stres.
Saat Anda stres maka tubuh akan memproduksi hormon stres yang akan berpengaruh pada keluarnya hormon menstruasi.
Kondisi stress yang sedang Anda alami akan berpengaruh pada Hypothalamus, padahal hytpothalamus merupakan bagian dari otak yang menjadi tempat berbagai hormon yang mengatur periode menstruasi.
Karena faktor ini, menstruasi akhirnya tidak teratur.

3. Periode Perimenopause
Siklus yang tidak teratur juga terjadi pada periode perimenopause, yaitu periode dimana seorang wanita akan memasuki masa menopause (menstruasi berhenti).
Beberapa perubahan dalam siklus ini tidak memerlukan pengobatan, sementara perdarahan yang berat akan memerlukan evaluasi lebih lanjut.
Pendarahan setelah mencapai menopause adalah suatu yang tidak normal tapi harus diselidiki.

4. Kontrasepsi Hormonal
Berbagai bentuk kontrasepsi juga dapat mengakibatkan siklus menstruasi Anda tidak teratur.
Penggunaan pil KB, suntik KB, maupun KB hormonal dapat menyebabkan perdarahan dalam jumlah yang sedikit atau bahkan perdarahan berat.
Pemberian suntikan untuk kontrasepsi pasca melahirkan juga dapat menyebabkan haid tidak lancar /tidak teratur.
Selengkapnya bisa Anda baca artike kami Minum Pil  KB saat Menstruasi untuk memahami pengaruh mengkonsumsi pil tersebut.

sekian artikel singkat tentang hal hal yang mempengaruhi faktor helancaran haid untuk wanita, bila anda sedang mencari obat pelancar haid anda bisa menghubungi kami di Line 0822 4348 1393

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.